NASKAH DRAMA/TEATER LIMA ORANG


Judul : Penyesalan

 
Disuatu hari yang cerah, terlihat sebuah bangunan yang sangat indah. Bangunan itu adalah sebuah sekolah. Yaitu SMK Kebangsaan Satu. Dan cerita ini berawal disaat istirahat.

 

Anggara    :    Dika aku bawa bekal ni, mau gak?
Dika    :    Mau dong, Pizza ya? Donat atau gak spaghetti ?

Anggara    :    haha bukan.
Dika    :    Jadi apa?
Anggara    :    Semur tahu dan mie instan.
Dika    :    haa? Itu kan makanan Kampung, gak jadi deh
Anggara    :    kenapa gak jadi dik ? gak enak ya...
Dika    :    ya iyalahh anggaraa, lagian bisa – bissa alergi gue makani bekal dari kw.
            emang pembantu kau gak masak ya..?
Anggara    :    ya ni, pembantu aku tu pemales banget sekarang ne,..
            semenjak bokap nyokap aku di luar kota.....
Dika    :    ooh, kenapa bisa gitu, emang nya dia gak takut apa sama kamu??
Anggara    :    seperti nya begitu la..
Dika    :    ooh....

 

Dika pun pergi meninggalkan Anggara. Tapi tiba-tiba Budi menghampiri Anggara.

 

Budi    :    Anggara, ada yang mau aku tanyakan ni.
Anggara    :     Apa sih?
Budi    :    Bapakmu kerja dimana sih?
Anggara    :     Oh abah?
Budi    :    Haa? Abah!!
Anggara    :     Maksud aku papi, papi aku kerja di kantor keuangan di New York.
Budi    :    Haa? New York, mantap banget..
Anggara    :    yaiyalah budi....secara papi aku kan banyak bisnis..
Budi    :    Oh, by the way..emang nya app siih bisnis papi kamu itu ???
Anggara    :    helloo... ya banyak la budi..
            Hotel perusahaan-perusahaan yang terbesar di new york tu kamu tau gak,
            itu semua milik papi aku.
Dika & Stefen    :    wuaaaaaah... papi kamu hebat ya..(dika & stefen berbicara dengan serentak)

 

Teet, bel masuk pun berbunyi. Akhirnya pembicaraan antara Anggaradan Budi terputus.

 

Ibu guru    :    Anak-anak hari ini kita belajar B.Indonesia ya..
Siswa    :        yaa,, bu guru........(sambil serentak siswa/i yang ada dalam ruangan itu menjawab omongan dari bu guru tersebut)
Ibu guru    :        baik lah, sekarang coba kalian buka halaman 109, coba kalian perhatikan cerita pada halaman tersebut setelah itu kalian jawab pertanyaan di bawah nya.
Siswa    ;        ya bu,
Anggara    :        tapi bu.......
Ibu gurur    :        tapi apa nak ??
Anggara    :        bagaimana kalo gak selesai sekarang, aku capek buu dikasih tugas terus seperti ini!.
Ibu guru    :        ya sudah nak, kalo gax slesai PR aja d.rumah..ibu kekantor dulu ya nak soal nya hari ini guru ada rapat, kalian yang tertib di kelas..
Siswi    :        ya bu guru..

 
Bu guru pun keluar dari kelas. Stefen pun datang menghampiri Budi.

 
Stefen    :    Haii Budi,

Budi    :        Haii,Stefen kamu tau gak, kalau papi nya Anggara kerja di kantor keuangan di New York.
Stefen    :    Wah, hebat banget , nama orang tuanya siapa?

Budi    :    Katanya,Nama papi nya adalah Prabu Dirjo Setiawan

Stefen     :    Oh,, oh iya alamat rumahnya dimana iya?

Budi    :    Alamat rumahnya dijalan Permata Mutiara Nomor 3.

Stefen    :    Oh,, di sana rumahnya

Budi    :    Ya,, kapan-kapan kita main kerumahnya yuk!!

Stefen    :    Ok deh,,,aku pulang dulu ya, daa

Budi    :    daaa.

 

Setelah sampai dirumah anggara membentak ibunya,, karena dia ingin minta uang dengan ibunya,, tetapi ibunya tidak mempunyai uang,,

 

Anggara    :    tok,, tok,, bu, bu,, ibu
Ibu     :    yaa,, nak ada apa???
Anggara    ;    bu,, mina uang donk(sambil membentak ibunya)
Ibu    :    tapi nak ibu tidak punya uang........
Anggara    :    ahhh,, ibu ni selalu tidak punya uang

 

Ketika ibunya anggara pergi bekerja mencari uang untuk makan & biaya sekolah anggara,,
Anggara pun masuk ke kamar ibunya untuk mengambil uang simpanan ibunya,,

 

Ibu    :    nak ibu pergi bekerja dulu ya,,
Anggara    :        ya bu,, tapi bawa uang banyak-banyak ya bu( sambil masuk kedalam kamar untuk mengambil uang ibunya)

 
Setelah ibunya pulang dari kerja,,, ibunya bingung mengapa uangnya hilang

 

Ibu    :    anggara,,, anggara
Anggara     :    ya,, bu
Ibu    :    kamu lihat uang ibu di lemari gak!!!
Anggara    :    gak bu,, aku gak melihat uang ibu( sambil membentak)    
            ibu nuduh aku ya,,
ibu    :    gak lah nak,, ibu nanya aja???
Anggara     :    ahh,, ibu selalu nuduh aku seperti itu,,
Ibu    :    tidak nak ibu tidak nuduh kamu(ibunya pun batuk & kelur darah dari mulutnya)
Anggara    :    ibu,, ibu kita kerumah sakit bu,,

 

Setelah sampai ke rumah sakit ibunya di periksa oleh dokter

 

Anggara     :    dok,,, dok tolong ibu saya
Dokter    :    ya silahkan masukan ke ruang UGD

 

Anggara pun cemas atas kejadian yang menimpa ibunya & dokter pun keluar dan menyatakan
bahwa ibu anggara telah meningalk dunia

 

Dokter    :    anggara,,,
Anggara     :     ya,, dok bagai mana keadan ibu saya
Dokter    :    maaf,, kan saya,, anggara ibu kamu tidak dapat di tolong
Anggara    :    apa dok,, itu tidak mungkin kan dok,,

 

Suatu Hari Tiba di SMP Kebangsaan Satu. Di Ruang kelas Dika Lewat di dekat mejaanggara.

 

Dika     :    Buukk (suara tas jatuh) ,Mati aku semua buku-bukunya Anggara jatuh (Dika pun cepat-cepat memasukkan kembali buku-buku tersebut kedalam tas Anggara.)
Dika     :    Wah, surat apa ini. Baca deh, maaf ya Anggara (Dika-pun Membaca Surat itu)

 

SURAT KETERANGAN KELUARGA
Nama :Anggara Surahman
Anak Dari :Ayah : Muharuddin akbar
Ibu : Siti Maimunah Ananda
Pekerjaan Orang Tua :Ayah : Kuli Bagunan
Ibu : Pedagang

 

 
Dika    ;    Haa, selama ini Tenyata Anggara Bohong..

 

Kaena takut ketahuan Secepat-cepat nya Dika memasukkan surat itu kembali. Keesokan harinya di SMP Kebangsaan satu jelas tak terlihat kehadiran Anggara disitu. Keesokan harinya juga tak terlihat kehadiran anggara.

 

Budi     :    Stefen Kita kerumah sakit yuk
Stefen    :    Ngapain??
Budi    :    Aku dengar dari teman-teman yang lainnya, kalau Anggaradirumah sakit.
Stefen    :    Haa? Ngapain dia dirumah sakit?
 Budi    :    mungkin dia sakit stefen, Ayo deh…

Stefen    :    yayayaaa

 


 

Sesampainya di rumah sakit Harapan Makmur&Sesampainya diruangan Mawar, Budi dan Stefen pun menghampirinya

 

Budi    :    Anggara, Anggara kenapa?

 

Stefen    :    Anggara, apa yang terjadi?
Anggara    :        ibu ku meninggal 2 hari yang lalu karena kecelakaan, ini semua karena salah ku yang telah berdusta pada orang yang baik seperti kalian,
Stefen    :    Tapi Kamu,tidak Luka Parah kan?
Anggara        :    ya aku tidak apa-apa,dan aku baru sadar kalau aku adalah manusia bodoh, yang mau-maunya membohongi orang baik seperti kalian. Jangan maaf kan aku, karena aku sendiri tidak dapat memaafkan diriku ini.
Budi    :     Anggara Kamu jangan ngomong seperti itu…!!
Anggara    :     Diam kamu budi, aku adalah pecundang, jangan dekat denganku, kalian orang baik, pergilah, saya anggara selalu ingat pada kalian yang baik. Jangan maafkan saya.

 
Setelah Kehilangan Ibunya, Akhirnya Anggara menyadari bahwa bagaimanapun keadaan orangtuanya, Dia harus mengatakansejujurnya kepada orang lain dan dia menyesal selama ini telah berbohong kepada teman-temannya.